periode pertumbuhan anak
KESEHATAN

Periode Pertumbuhan Anak dan Tips Menghadapinya

Pertumbuhan fisik mengacu pada peningkatan tinggi dan berat badan serta perubahan tubuh lainnya yang terjadi saat anak-anak menjadi dewasa. Rambut tumbuh; gigi tumbuh, keluar, dan tumbuh lagi; dan akhirnya pubertas melanda. Itu semua adalah bagian dari proses periode pertumbuhan anak.

Bagaimana Bentuk Pertumbuhan Normalnya?

Tahun pertama kehidupan adalah masa perubahan yang menakjubkan di mana bayi, rata-rata, tumbuh 10 inch (25 sentimeter) panjangnya dan tiga kali lipat berat lahir mereka. Mengingat semua pertumbuhan yang terjadi kemudian, orang tua baru mungkin akan terkejut ketika anak mereka tidak tumbuh begitu cepat setelah tahun pertama. Setelah usia 1 tahun, pertumbuhan panjang bayi sedikit melambat. Di usia yang memasuki 2 tahun, pertumbuhan tinggi badan pada umumnya berlanjut dengan kecepatan yang cukup stabil sekitar 2½ inci atau 6 sentimeter per tahun sampai menginjak masa remaja.

periode pertumbuhan anak
periode pertumbuhan anak

Tidak ada anak yang tumbuh melalui periode pertumbuhan anak dengan kecepatan stabil sempurna selama periode masa kanak-kanak ini. Beberapa minggu atau bulan dengan pertumbuhan yang sedikit melambat secara bergantian dengan “percepatan pertumbuhan” pada mayoritas anak. Anak-anak sebenarnya cenderung tumbuh sedikit lebih cepat di musim semi dibandingkan waktu-waktu lain dalam setahun.

Apa yang Dapat Dilakukan Orang Tua?

Anda dapat melakukan beberapa hal untuk membantu memastikan bahwa anak Anda tumbuh dan berkembang secara normal sesuai periode pertumbuhan anak. Yang penting bagi kesehatan dan kesejahteraan anak-anak secara keseluruhan adalah:

  • Istirahat yang cukup: Pola tidur berbeda-beda menurut usia dan individu anak. Tetapi kebanyakan anak membutuhkan rata-rata 10 hingga 12 jam tidur per malam. Tidur memberi tubuh yang sedang tumbuh istirahat yang mereka butuhkan untuk tumbuh dengan baik.
  • Nutrisi yang baik: Pola makan seimbang yang penuh dengan vitamin dan mineral esensial akan membantu anak-anak mencapai potensi pertumbuhan penuh mereka. Dan susu Dancow dari Nestle pastinya akan menunjang kebutuhan nutrisi tersebut.
  • Olahraga teratur: Karena obesitas merupakan masalah bagi banyak anak, orang tua harus memastikan bahwa anak-anak mereka berolahraga secara teratur. Bersepeda, hiking, sepatu roda, olahraga ringan, atau aktivitas menyenangkan apa pun yang akan memotivasi anak-anak untuk bergerak. Semua hal tersebut akan meningkatkan kesehatan dan kebugaran yang baik serta membantu mereka mempertahankan berat badan yang sehat.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *