Pencernaan Anak
KESEHATAN

4 Alasan Penting Mengapa Kesehatan Pencernaan Anak Harus Dijaga

Orang tua memiliki tugas penting untuk memastikan si Kecil kenyang dan mendapatkan asupan makanan yang cukup. Namun disamping hal itu, orang tua juga harus memastikan bahwa pencernaan si Kecil selalu sehat. Cara terbaik menjaga kesehatan pencernaan anak adalah dengan memberikan makanan yang sehat dan kaya sehat. Selain itu, Bunda juga perlu mengetahui berbagai alasan mengapa kesehatan sistem pencernaan sangat penting untuk dijaga. Berikut 4 alasan penting untuk menjaga kesehatan pencernaan anak :

Berhubungan dengan Sistem Imun

Saluran cerna manusia ternyata berhubungan secara langsung dengan sistem kekebalan tubuh atau sistem imun. Pasalnya di dalam saluran cerna terdapat jaringan yang bertugas untuk membentuk sistem imun. Jaringan tersebut akan membiarkan bakteri baik dan zat tidak berbahaya dan memerangi bakteri jahat, kuman jahat, atau zat berbahaya.

Pencernaan Anak
Pencernaan Anak

Menyediakan Bakteri Baik

Alasan mengapa kesehatan pencernaan anak sangat penting untuk kesehatan dan tumbuh kembang si kecil, karena saluran cerna menyediakan bakteri baik. Usus memiliki bakteri baik yang berperan dalam menghasilkan zat yang mampu membunuh kuman atau menghambat pertumbuhan. Jumlah bakteri baik akan tetap ada apabila kesehatan pencernaan selalu dijaga. Caranya yaitu dengan memberikan makanan yang kaya akan serat prebiotik seperti apel, pisang, kacang merah, dan juga susu.

Mengurangi Risiko Stres dan Penyakit

Meskipun si Kecil belum mengalami banyak hal dalam hidupnya namun mereka tetap berisiko terkena stres. Kondisi tersebut jika dibiarkan akan membuat sistem imun si Kecil menurun sehingga lebih mudah terserang penyakit. Pencernaan yang sehat dapat mengurangi risiko stres dan penyakit karena bakteri baik di dalamnya bisa menjaga mood.

Penyerapan Nutrisi Lebih Optimal

Penyerapan nutrisi yang didapatkan dari makanan atau minuman terjadi pada usus halus. Organ pencernaan akan membantu memecah makanan hingga makanan yang diserap berukuran sangat kecil. Selanjutnya nutrisi tersebut akan dialirkan ke seluruh tubuh sehingga manfaatnya bisa dirasakan oleh si Kecil.

Itulah berbagai macam alasan mengapa Bunda harus menjaga kesehatan pencernaan si Kecil. Selain dengan makanan bergizi dan mengandung serat, Bunda juga bisa memberikan susu yang memiliki manfaat untuk menyehatkan pencernaan. Nestle LACTOGROW 3 adalah susu formula untuk bayi yang berusia 1-3 tahun. Susu ini memiliki kandungan Lactobacillus reuteri yang membantu kesehatan saluran cerna anak.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *