BISNIS,KESEHATAN

Penyebab dan Cara Mengatasi Mata Perih

Mata yang terasa perih tentu saja sangat mengganggu aktivitas Anda. Pada umumnya, mata perih disebabkan oleh beberapa hal. Mulai dari mata kering, alergi, infeksi pada mata, hingga kondisi lingkungan. Selain mengetahui penyebabnya tersebut, ketahui juga cara mengatasinya melalui artikel ini!

Inilah Cara Mengatasi Mata Perih

Jika mengalami mata yang terasa perih, Anda bisa melakukan beberapa perawatan berikut ini:

1. Gunakan Obat Tetes Mata

Cara paling ampuh untuk mengatasi mata yang perih yaitu memakai obat tetes mata. Obat tetes mata berfungsi sebagai air mata buatan yang dapat melembabkan mata. Selain itu, obat tetes mata dengan kandungan yang tepat membantu mengatasi mata kering dan perih.

2. Hindari Paparan Debu dan Polusi

Debu dan polusi yang masuk ke mata memang sangat berbahaya karena menyebabkan berbagai macam masalah mata, salah satunya mata yang terasa perih. Hindari paparan debu dan polusi dengan memakai kacamata hitam atau pelindung mata lainnya. Jika tidak dalam kondisi urgent, sebaiknya jangan banyak berada di luar ruangan karena paparan debu dan polusi berbahaya.

3. Bersihkan Kelopak Mata dengan Lembut

Jika mata yang perih disebabkan oleh blefaritis, maka Anda perlu membersihkan kelopak mata. Bersihkan kelopak mata secara lembut memakai tisu basah. Gunakan air hangat untuk membasahi tisu dan membersihkan kelopak mata. Hal ini bisa membantu meredakan mata yang perih.

4. Gunakan Lensa Kontak yang Benar

Apakah Anda merupakan orang yang suka memakai lensa kontak? Penggunaan lensa kontak yang salah menyebabkan mata menjadi perih dan berair. Gunakan lensa kontak dengan baik dan benar. Bersihkan dan rawatlah lensa kontak sesuai petunjuk. Tujuannya agar lensa kontak tidak membuat mata iritasi. 

5. Ubah Gaya Hidup

Langkah terakhir yang perlu Anda lakukan adalah mengubah gaya hidup. Hindari kebiasaan-kebiasaan yang bisa menyebabkan mata menjadi perih. Contohnya yaitu terlalu lama berada di depan layar gadget maupun komputer. Itulah pembahasan mengenai penyebab dan cara mengatasi mata perih. Selain itu, Anda yang mengalami mata kering bisa memakai obat tetes mata dengan kandungan hydroxypropyl methylcellulose. Sementara untuk mata merah bisa memakai obat tetes mata dengan kandungan tetrahydrozoline.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *