BISNIS

3 Prospek Kerja Teknik Informatika Yang Paling Dicari

Program studi Informatika tidak hanya memberikan satu prospek kerja saja, tetapi ada banyak pekerjaan yang dapat Anda raih bila menjadi lulusan dari jurusan ini. Meski demikian, prospek kerja teknik informatika yang paling dicari saat ini ada 3 jenis karir yang bisa Anda jadikan sebagai pekerjaan utama.

Program studi Informatika tidak hanya memberikan satu prospek kerja saja, tetapi ada banyak pekerjaan yang dapat Anda raih bila menjadi lulusan dari jurusan ini. Meski demikian, prospek kerja teknik informatika yang paling dicari saat ini ada 5 jenis karir yang bisa Anda jadikan sebagai pekerjaan utama.

Tentu Anda penasaran bukan, profesi apa saja yang terbuka luas dari sebagian prospek kerja teknik informatika? Nah berikut ini kami akan menjelaskan 3 karir yang bisa Anda pilih sesuai dengan minat. Yuk simak!

prospek kerja teknik informatika
prospek kerja teknik informatika

3 Prospek Kerja Teknik Informatika Yang Paling Dicari

1. System Analyst

Untuk orang awam tentu belum terlalu paham dengan profesi yang pertama ini. System analyst merupakan salah satu profesi yang  memiliki tugas untuk menganalisis serta membuat desain sistem yang dibutuhkan oleh suatu perusahaan atau organisasi. Yang mana nantinya sistem tersebut akan berkaitan langsung dengan sistem jaringan komputer dan piranti lainnya yang saling berhubungan.

Bila Anda seorang system analyst, maka Anda akan dituntut untuk mampu memberikan analisis dan mengetahui secara jelas mengenai suatu kondisi serta keadaan sistem jaringan yang ada di perusahaan tempat Anda bernaung. Sistem-sistem tersebut diantaranya system definition, database, sampai dengan pengecekan keadaan perangkat keras dari sistem jaringan tersebut.

Untuk menjadi seorang system analyst, waktu untuk bekerja dapat Anda lakukan secara full time di kantor atau cukup dengan menjadi freelance. Tentu menjadi daya tarik sendiri bagi pecinta dunia informatika, bukan? Tapi satu hal yang harus Anda ingat adalah ketelitian yang tinggi harus dimiliki oleh seorang system analyst agar saat melakukan pekerjaan tidak terjadi kesalahan.

2. Programmer

Salah prospek kerja teknik informatika yang paling diminati dari tahun ke tahun adalah programmer. Kenapa? Karena mengingat kemajuan teknologi yang semakin canggih membuat perusahaan dituntut untuk memiliki sebuah website, aplikasi, sampai dengan program komputer. Namun sayangnya kekurangan orang yang mampu untuk mengembangkannya.

Oleh sebab itu kenapa lulusan teknik informatika sangat dicari, karena bukan lain dilihat dari kemampuannya untuk membuat, merawat, sampai dengan mengembangkan berbagai macam program komputer yang melingkupi aplikasi dan website pastinya.

Menariknya lagi, bila Anda berminat untuk menjadi seorang programmer, waktu untuk bekerja bisa Anda tentukan sendiri. Menjadi seorang freelance juga bisa Anda lakukan, tanpa harus bekerja di kantor. Karena cukup dengan kemampuan Anda yang mumpuni, tentu akan ada banyak perusahaan yang mencari Anda untuk bekerja sama. Menarik bukan?

3. Konsultan ERP (Enterprise Resource Planning)

Konsultan ERP juga menjadi profesi yang paling dicari, tugasnya yang memberikan jasa konsultasi mengenai suatu pengembangan sistem dengan menggunakan software database yang dibutuhkan.

Untuk menjadi seorang konsultan ERP, Anda berkewajiban untuk mampu memberikan solusi kepada klien agar perusahaan yang sedang mereka kembangkan dapat melakukan kegiatannya secara efektif, namun dengan pengeluaran yang tidak terlalu besar bahkan terbilang kecil.

Untuk menjadi seorang konsultan ERP, Anda pun diharuskan untuk memiliki kemampuan menggunakan sistem database yang sering dibutuhkan, misalnya saja seperti Oracle atau SAP.

Tidak hanya itu saja, Anda juga harus melihat dan peka terhadap kemajuan sistem database. Bahkan Anda juga harus mampu menganalisis permasalahan apa saja yang sedang dihadapi oleh klien.

Tentunya dengan melihat perkembangan teknologi saat ini, jasa Anda sebagai seorang konsultan ERP sudah pasti sangat dibutuhkan. Maka jangan heran bila Anda tidak akan mempunyai waktu luang, karena  Anda akan selalu dicari banyak perusahaan.

Jadi, sudah menentukan jurusan mana yang memberikan prospek kerja teknik informatika yang paling menjanjikan? Yuk kuliah di IDS Digital College, di sana Anda akan dibimbing dan dibina untuk mencari profesi yang sesuai dengan kualitas Anda.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *