tumbuh kembang anak 1 tahun
KESEHATAN

Tips Agar Tumbuh Kembang Anak Usia 1 Tahun Optimal

Usia satu hingga tiga tahun merupakan masa penting bagi anak. Itulah sebabnya fase ini disebut usia keemasan anak. Pada tahapan ini, tumbuh kembang anak 1 tahun berada pada masa puncaknya. Oleh sebab itu, orang tua perlu memahami cara mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangannya, seperti yang akan dibahas di bawah ini.

1. Memberikan Rangsangan Yang Tepat Untuk Meningkatkan Kemampuannya

Anak akan melewati beberapa tahapan dalam perkembangan kemampuannya. Untuk dapat mengoptimalkannya, anak perlu diberikan stimulasi yang tepat. Pada usia satu tahun, sebaiknya ajari anak untuk melatih motoriknya. Salah satunya adalah dengan berjalan menempuh medan tertentu. Misalnya naik tangga, melewati gundukan, atau menunduk melewati palang. 

tumbuh kembang anak 1 tahun
Tumbuh kembang anak 1 tahun

Latihan lain yang baik dilakukan adalah mengajak anak untuk merapikan kembali mainannya. Mengelompokkan mainan sesuai jenis juga dapat melatih perkembangan otaknya dalam menganalisa. Dengan memberikan stimulasi yang tepat, anak akan terpacu untuk mengembangkan kemampuannya.

2. Memenuhi Kebutuhan Akan Nutrisi Yang Lengkap Dan Seimbang

Cara lain untuk mengoptimalkan pertumbuhannya adalah dengan memenuhi kebutuhan nutrisinya. Melatih anak untuk mengkonsumsi buah, sayur, dan sumber gizi lainnya. Pastikan agar mereka mengkonsumsi dalam jumlah yang seimbang. Selain itu, perlu menambahkan susu untuk melengkapi gizinya. Susu untuk balita usia satu tahun disiapkan secara khusus demi mengoptimalkan tumbuh kembang anak 1 tahun.

Pemenuhan nutrisi tepat dan seimbang ini dapat memacu pertumbuhan tubuh secara optimal. Anak akan terhindar dari risiko kurang gizi, maupun gangguan pertumbuhan yang membuatnya badannya kurang tinggi. Orang tua perlu kreatif dalam menyajikan menu, sehingga anak menjadi bersemangat saat makan tiba.

3. Kasih Sayang Dan Perhatian Penting Diberikan Kepada Anak

Kesibukan yang padat, terkadang membuat orang tua jarang memiliki waktu cukup untuk berkumpul dengan anak. Untuk mengatasi hal ini, sebaiknya meningkatkan kualitas interaksi saat sedang bersama anak. Jauhkan ponsel agar tidak mengganggu momen bersama anak. Curahkan perhatian dan kasih sayang penuh kepadanya saat berada di rumah. Hal ini akan mengoptimalkan perkembangan emosinya, sehingga anak tidak mengalami gangguan perilaku.

Ketiga cara di atas perlu diterapkan untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak 1 tahun. Perhatian orang tua terhadap anak dapat menghindarkannya dari gangguan pertumbuhan dan perkembangan yang mungkin terjadi. Dengan demikian, anak akan berkembang baik, sesuai usianya.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *