ciri perkembangan anak usia dini
BISNIS

Mengenal Aspek-Aspek Perkembangan Anak Usia Dini

Salah satu tugas orang tua adalah memperhatikan dan memantau setiap tahapan perkembangan si kecil. Pasalnya pada setiap tahapan perkembangan, si Kecil akan menunjukkan kebiasaan-kebiasaan baru. Apabila Bunda bisa mengarahkan dengan baik maka kebiasaan bagus juga akan terbentuk.

Selain mengenali ciri perkembangan anak usia dini, Bunda juga perlu mengetahui aspek apa saja yang perlu diperhatikan dalam perkembangan si kecil. Langsung saja, berikut ini enam aspek perkembangan anak usia dini yang harus Bunda pantau dan perhatikan:

Fisik dan Motorik

Perkembangan fisik dan motorik merupakan perkembangan yang berhubungan dengan tubuh. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu perkembangan motorik halus, motorik kasar, dan perkembangan fisik.

ciri perkembangan anak usia dini
ciri perkembangan anak usia dini

Kognitif

Aspek yang kedua adalah aspek kognitif yang berhubungan dengan pikiran dan juga akal. Perkembangan pada aspek ini tidak hanya di sekolah saja namun juga melalui permainan-permainan berpikir. Beberapa hal penting dalam perkembangan kognitif adalah memecahkan masalah, berpikir logis, dan lain sebagainya.

Bahasa

Aspek bahasa berhubungan dengan cara mereka berkomunikasi dengan orang lain. Perkembangannya bisa dimulai dengan memahami maksud orang tua seperti cerita, aturan, perintah, dan lain sebagainya. Mereka juga bisa berbahasa dengan baik ketika menceritakan kembali atau bertanya jawab.

Sosial Emosional

Aspek sosial emosional berkaitan dengan pengenalan diri kepada orang-orang di sekitarnya serta bagaimana cara mereka bergaul dengan orang lain. Aspek ini juga berkaitan dengan mengendalikan diri, bertanggung jawab, dan bersosialisasi.

Agama dan Moral

Dengan memenuhi aspek perkembangan agama dan moral maka kecil bisa tumbuh dengan karakter hebat. Pasalnya, agama mengajarkan sifat-sifat baik seperti sopan, jujur, menolong sesama, hormat, toleransi, dan lain sebagainya.

Seni

Seni merupakan aspek yang seringkali dilupakan oleh para orangtua. Padahal ini termasuk penting karena berhubungan dengan kreativitas dan imajinasi mereka. Seni termasuk dengan drama, musik, lukisan, kerajinan, dan lain sebagainya.

Itulah berbagai macam aspek beserta ciri perkembangan anak usia dini yang perlu Bunda ketahui. Untuk mendukung perkembangan tersebut maka Bunda harus memberikan stimulasi yang tepat dengan permainan ataupun aktivitas mendidik.

Penuhi juga nutrisi si kecil dengan makanan bergizi serta susu pertumbuhan dari Dancow. Dancow menghadirkan produk Growing Up Milk yang ditujukan untuk anak usia 1 tahun ke atas. Kunjungi website dancow.co.id untuk mengetahui produk Nestle Dancow yang sesuai dengan tahapan usia si Kecil.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *