cara membersihkan luka yang benar
KESEHATAN

Cara Membersihkan dan Mengobati Luka Kulit dengan Benar

Seberapa baik luka kulit sembuh tergantung seberapa baik Anda merawatnya.

Luka adalah kerusakan pada permukaan kulit, yang akan menghasilkan potensi kontaminasi bakteri. Pembersihan luka yang tepat dapat membantu meningkatkan penyembuhan luka sambil menghilangkan serpihan dan keluarnya kerak, mencegah sisa pembalut memperlambat penyembuhan luka.

Jenis luka kulit

“Sebelum pembersihan luka dapat dimulai, penilaian diperlukan untuk membantu menentukan tingkat keparahan luka. Luka kulit jatuh ke dalam dua kategori: akut atau kronis, berikut ini pemaparan tentang luka akut dan luka kronis :

Luka akut

Ini dapat terjadi karena kecelakaan yang disebabkan oleh gaya tumpul, panas, bahan kimia atau gesekan. Luka akut umumnya sembuh dengan baik dan membutuhkan perawatan minimal.

Luka kronis

Luka jenis ini gagal untuk menyembuhkan juga tidak menanggapi pengobatan selama waktu penyembuhan yang diharapkan normal (empat minggu), dan biasanya meradang. Ini mungkin disebabkan oleh faktor internal dan eksternal seperti obat-obatan, latar belakang kesehatan, atau gizi buruk. Luka tersebut membutuhkan perawatan khusus dari para profesional kesehatan.

cara membersihkan luka yang benar
cara membersihkan luka yang benar

Kebersihan yang Baik adalah Penting

Terlepas dari jenis luka, penting untuk menjaga kebersihan setiap saat:

  1. Memiliki tangan yang bersih sebelum menyentuh luka sangat penting untuk membantu menghindari infeksi, dan mencegah kontaminasi luka yang ada.
  2. Cuci tangan dengan sabun dan air, lalu keringkan dengan baik.
  3. Gunakan sarung tangan sekali pakai jika tersedia.

Cara Mengobati Luka Kulit

Perbedaan antara pemulihan yang cepat dan penyembuhan berkepanjangan dengan rasa sakit atau bahkan jaringan parut, bisa saja merupakan akibat dari cara Anda merawat luka.

Untuk membersihkan luka

  • Pembersihan harus dilakukan dengan cara untuk meminimalkan trauma pada luka lebih lanjut. Irigasi adalah metode yang disukai untuk membersihkan luka terbuka. Ini dapat dilakukan dengan menggunakan jarum suntik tanpa jarum untuk menghasilkan tekanan lembut untuk membantu melonggarkan puing-puing.

Kain kasa dan kapas bisa digunakan untuk membersihkan, tetapi jangan dibiarkan dalam kontak lama dengan luka penyembuhan. Ini karena mereka dapat meluruhkan serat dan melekat pada permukaan luka penyembuhan, menyebabkan kerusakan lebih lanjut pada luka saat diangkat.

MENGGUNAKAN

  • Air steril atau saline isotonik

Ini adalah produk terbaik untuk membilas luka.

  • JANGAN GUNAKAN

Solusi antiseptik

Produk-produk seperti itu, seperti povidone iodine, tidak direkomendasikan secara rutin untuk pembersihan, dan harus digunakan dengan hemat ketika membalut luka yang terinfeksi.

Alkohol atau aseton

Ini harus dihindari sepenuhnya karena mereka dapat membakar jaringan luka yang baru sembuh, membuat penyembuhan penuh sulit dicapai.

Cara mengelola luka agar cepat kering : 

  1. Luka besar mendapat manfaat dari penggunaan antibiotik topikal seperti salep tetrasiklin – oleskan tipis ke luka di sekitarnya. Ini tidak harus meningkatkan laju penyembuhan luka, tetapi dapat mencegah infeksi terjadi.
  2. Tutupi luka yang sudah dibersihkan dengan pembalut. Ini untuk melindungi area yang sensitif dari cedera dan kontaminasi. Jika perlu, amankan dengan perban. Tidak ada pembalut “satu ukuran untuk semua” yang cocok untuk semua jenis luka. Bicaralah dengan apoteker Anda untuk nasihat tentang produk yang paling cocok untuk digunakan.
  3. Jika lukanya berupa goresan kecil atau goresan, Anda dapat membiarkannya terbuka. Ketika memilih pembalut, itu harus bisa menjaga lingkungan luka tetap lembab dan mengontrol kelebihan pembuangan tanpa menempel pada luka.
  4. Luka kecil dan goresan biasanya berhenti dengan sendirinya. Jika luka masih berdarah, alirannya bisa dihentikan dengan memberikan tekanan lembut dengan perban steril atau kain bersih, dan mengangkat anggota tubuh yang terluka di atas tingkat jantung.
  5. Pembalut harus diganti setiap hari, atau setiap kali perban kotor atau basah. Jangan terlalu sering mengubahnya, karena ini dapat mengganggu tempat tidur luka penyembuhan. Jika Anda alergi terhadap perekat / plester, beralihlah ke atau gunakan kasa steril, yang ditahan dengan selotip kertas atau perban elastis yang longgar.

Saat lukanya sembuh

Perhatikan tanda-tanda infeksi di area sekitar luka seperti:

  • Meningkatkan kemerahan
  • Rasa sakit
  • Kehangatan
  • Pembengkakan
  • Bau busuk dengan nanah

Jika Anda melihat salah satu dari tanda dan gejala ini, segera dapatkan saran medis dari dokter atau apoteker Anda.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *