cincin tunangan emas
BISNIS

Ini Dia Makna Cincin Tunangan Emas, Anda Wajib Mengetahuinya!

Dalam sebuah acara pertunangan atau lamaran, biasanya ada momen dimana pihak pria akan memberikan cincin tunangan emas pada pihak wanita. Momen tersebut tentunya memiliki makna tersendiri, lho!

Bukan hanya sekedar hadiah biasa, namun ada makna tersirat dan mendalam dari pemberian perhiasan tersebut. Jadi cincin emas memiliki peran yang cukup vital dalam sebuah pertunangan.

Lalu, makna apa sajakah yang terkandung pada perhiasan yang disematkan pada jemari tangan tersebut? Jika ingin mengetahuinya, pastikan Anda simak artikel dibawah ini sampai tuntas, ya!

  1. Hubungan tanpa ujung

Cincin emas yang diberikan pada prosesi pertunangan berbentuk lingkaran, dan ternyata hal tersebut memiliki makna tersendiri, lho! Lingkaran sendiri merupakan salah satu bentuk yang tak mempunyai ujung. Jadi, diharapkan hal tersebut dapat “menular” pada jalinan yang tidak akan terpisahkan antara kedua pasangan. 

Selain itu, bentuk lingkaran juga melambangkan keterikatan yang tidak akan terpisahkan oleh apapun. Dengan begitu, pasangan akan selalu bersama dalam ikatan pertunangan sampai akhirnya berlabuh di pernikahan. 

  1. Aliran cinta

Pada umumnya, cincin pertunangan emas ini dipakai di jari manis tangan kiri. Hal tersebut berlaku baik untuk wanita maupun wanita. Bukan tanpa alasan mengapa cincin ditempatkan di jari manis tangan kiri. Hal tersebut melambangkan aliran vena cinta yang nantinya membawa darah sampai ke hati. 

Perlu Anda ketahui, hal tersebut ternyata sudah dilakukan oleh masyarakat Yunani dan Romawi kuno, lho! Menurut kepercayaan mereka, penggunaan cincin di jari tersebut mampu menumbuhkan perasaan cinta yang mendalam. Bahkan perasaan cinta dan kasih sayang akan terus tumbuh hingga waktu pernikahan tiba. Ketika pernikahan, maka cincin bisa dipindah ke jari manis sebelah kanan. 

  1. Kekompakan

Prosesi pertunangan merupakan bukti keseriusan sebuah hubungan sebelum melanjutkan ke jenjang yang lebih serius yaitu pernikahan. Pertunangan sendiri sudah ada sejak zaman dahulu.

Dengan hadirnya cincin emas, hal tersebut juga bisa menjadi bukti kekompakan antara keduanya. Bentuk kekompakannya juga menunjukkan bahwa kedua pasangan sudah berjanji untuk setia.

Bisa dikatakan pertunangan adalah simbol “lampu kuning” dimana keduanya harus sama-sama kompak menjaga untuk menjaga hubungan dan kesetiaan satu sama lain.

  1. Makna kehadiran

Makna lain dari cincin emas pada acara pertunangan yakni sebagai tanda kehadiran dari seseorang dan telah memiliki keterikatan dengan orang lain. Dengan penggunaan cincin, hal tersebut juga dapat menjadi sebuah tanda bahwa orang tersebut sudah ada yang memiliki. 

Jadi, penggunaan cincin tunangan emas dapat diharapkan bahwa wanita atau pria yang menjalin hubungan tersebut tidak akan jatuh hati atau berpaling ke orang lain di luar sana. 

Dengan arti lain, cincin tunangan berfungsi sebagai langkah antisipasi sekaligus mengingatkan bahwa sudah ada ikatan dengan pasangannya. 

Itulah dia beberapa makna yang terkandung dari penggunaan cincin emas untuk sebuah prosesi pertunangan. Lalu mengapa harus emas? Tidak bisa dipungkiri, emas merupakan salah satu jenis material logam terbaik dan terindah yang sering digunakan sebagai bahan utama pembuatan berbagai jenis perhiasan. Diharapkan sifat emas tersebut juga dapat “menular” pada pasangan yang menggunakannya sebagai cincin tunangan.

Nah, mengingat begitu pentingnya peran cincin dalam sebuah pertunangan, pastikan Anda melakukan pemilihannya dengan tepat, ya! Jangan lupa, Anda juga wajib membelinya di penjual yang terpercaya salah satunya yaitu The Palace Jeweler.

The Palace Jeweler sendiri merupakan brand perhiasan ternama dan terpercaya. Disana Anda bisa menemukan berbagai jenis cincin tunangan emas dengan kualitas serta keaslian yang sangat terjamin namun dengan harga yang terjangkau sesuai jargon mereka yaitu #Therlengkap #Therjamin dan #Thejangkau.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *