kuliah design
BISNIS

Mata Kuliah yang Dipelajari Saat Kuliah Design

Jurusan desain grafis menjadi jurusan populer seiring meningkatnya kebutuhan akan ahli desainer di industri kreatif. Dibandingkan jurusan lain, jurusan ini memang memiliki peningkatan prospek kerja yang tinggi. Di era digital ini hampir semua perusahaan membutuhkan ahli desain untuk membantu melakukan promosi melalui sosial media atau yang lainnya. Apakah Anda juga tertarik untuk kuliah design?

Sebelum memutuskan untuk kuliah di bidang desain grafis, ada baiknya Anda mengetahui apa saja mata kuliah yang diajarkan nantinya. Jangan sampai Anda salah jurusan karena desain terbilang cukup luas. Langsung saja, inilah berbagai mata kuliah yang akan didapatkan jika masuk jurusan desain grafis:

Design Fundamental

Kuliah desain maka Anda akan belajar mengenai dasar-dasar desain di semester awal. Tidak mungkin bukan jika Anda masuk jurusan desain namun tidak memahami dasar-dasar desain. Ada dua dasar-dasar desain yaitu elemen desain yang meliputi titik, garis, ruang, bentuk, tekstur, dan warna. Lalu ada prinsip desain yang meliputi keseimbangan, penekanan, proporsi, ritme, kesatuan, kontras, dan repetisi.

Fotografi

Fotografi juga menjadi hal yang penting dalam desain grafis sehingga dipelajari saat kuliah. Anda akan belajar secara teknis maupun praktik di lapangan. Beberapa hal yang harus dipahami dalam fotografi yaitu teknik fotografi, komposisi, montage, dan pencahayaan.

Tipografi

Tipografi merupakan teknik menata huruf untuk publik visual. Hal-hal yang akan dipelajari pada mata kuliah ini yaitu keterampilan gaya untuk teks dan logo, sejarah tipografi, klasifikasi tipografi, kombinasi tipografi, dan masih banyak yang lainnya. Anda harus mampu menempatkan tulisan yang bernilai seni dan menjual sesuai dengan kebutuhan desain.

kuliah design
kuliah design

Desktop Publishing

Desktop publishing merupakan mata kuliah design yang mempelajari tentang penggunaan perangkat lunak atau aplikasi standar untuk cetak digital. Ada banyak fitur yang harus dipahami oleh mahasiswa seperti style sheet, master page, pewarnaan yang tepat, dan lain sebagainya. Anda nantinya juga akan mempelajari tentang desain layout halaman tunggal dan jamak.

User Interface Design

Prinsip-prinsip desain dan tipografi akan diterapkan pada mata kuliah ini. Anda akan mempelajari mengenai user interface design yang memiliki nilai visual maupun fungsi selaras. Jadi tidak hanya visualnya saja yang bagus, namun desain juga harus memiliki fungsi yang baik sehingga bisa membantu pengguna untuk beradaptasi.

Communication and Presentation

Komunikasi dan presentasi penting dalam dunia desain. Ahli desain harus mampu menyampaikan pendapatan, gagasan, buah pikiran, ataupun argumentasi dengan baik. Teknik penyampaian juga termasuk bahasa tubuh, intonasi, vokal, dan komunikasi dengan pendengar.

Itulah beberapa mata kuliah wajib yang akan Anda pelajari jika masuk kuliah design. Pada umumnya, mata kuliah di atas akan Anda pelajari di semester pertama dan kedua. Semester selanjutnya akan lebih kompleks agar Anda mendapatkan skill yang maksimal. Beberapa mata kuliah lain yang bisa didapatkan yaitu web design, creative portfolio, brand identity, studio production, dan masih banyak yang lainnya.

Setelah mengetahui mata kuliah yang diajarkan, selanjutnya Anda harus memilih kampus yang tepat yaitu IDS atau International Design School. Kampus ini terletak di Jakarta Selatan dengan salah satu program yang dihadirkan yaitu digital design college. Bukan hanya mendapatkan ilmu bermanfaat saja, Anda juga berkesempatan kuliah di luar negeri apabila memilih IDS. Pasalnya kampus IDS bekerja sama dengan universitas dari Australia yaitu Griffith University dan JMC Academy. Informasi lengkapnya mengenai program yang tersedia ada di website idseducation.com.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *