deposit syariah
BISNIS

Kelebihan Deposito Syariah Dibandingkan Konvensional

Deposito merupakan salah satu investasi terbaik yang cocok untuk pemula. Pasalnya, deposito merupakan instrumen investasi yang minim resiko. Di lain sisi, saat ini telah hadir penawaran deposito syariah yang sudah ditawarkan oleh beberapa lembaga keuangan. Deposito ini menawarkan kelebihan ekstra dibandingkan dengan deposito konvensional.

Bagi Anda yang ingin tahu apa saja kelebihan dari deposito yang satu ini, berikut kami akan coba menjelaskan apa saja kelebihan-kelebihannya.

  1.     Imbal Hasil dan Risiko

Kelebihan pertama yang ditawarkan dari deposito ini dibandingkan deposito konvensional adalah memiliki imbal hasil yang jauh lebih baik dan juga sistem risiko yang tergolong relatif rendah dibandingkan dengan sistem deposito konvensional.

Nasabah yang punya deposito berbasis syariah akan mendapatkan sejumlah keuntungan atas simpanan maupun investasinya dalam bentuk bagi hasil. Keuntungannya ini bahkan bisa berfluktuasi dan mengikuti pendapatan bank syariah itu sendiri berdasarkan kinerja bank terkait.

deposito syariah
deposito syariah
  1.     Tidak Menggunakan Biaya Penalti

Sebagai informasi, deposito biasa akan menjatuhkan penalti bagi para nasabah yang menarik uang depositonya sebelum tenggat waktu masa depositonya. Sedangkan untuk deposito berbasis syariah, Anda tidak akan diberlakukan biaya penalti yang artinya Anda bisa menariknya jika diperlukan.

Dana yang diambil sebelum jatuh tempo pada deposito berbasis syariah, maka hanya akan dikenakan sejumlah biaya administrasi saja. Nilai biaya administrasi ini akan disesuaikan dengan kesepakatan di awal.

  1.     Menggunakan Prinsip Syariah

Sesuai namanya, deposito ini menggunakan prinsip syariah dengan akad yang digunakan sesuai fatwa yang sudah ditetapkan oleh dewan syariah. Hal inilah yang menjadi nilai tambah bagi para nasabah yang ingin mendepositokan uangnya. Selain itu, fatwa tersebut akan mengharamkan instrumen investasi yang tidak sesuai dengan ketentuan syariah.

Karena mengikuti fatwa syariah, pengelolaan investasi deposito pun memiliki tata cara dan juga perhitungan yang berbeda dengan deposito konvensional. Deposito berbasis syariah menawarkan sistem yang jauh lebih nyaman dan baik.

Itulah beberapa penjelasan seputar kelebihan deposito syariah yang saat ini tengah populer di Indonesia. Bagaimana, tertarik untuk menginvestasikan uang Anda? Kini Anda bisa memilih deposito berbasis syariah dari Bank Danamon. Semoga bermanfaat.

 

 

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *