pembayaran bpjs
BISNIS

Pembayaran BPJS: Mengapa Harus Tepat Waktu?

Banyak orang yang dulu sangat skeptis dengan munculnya BPJS. Padahal jika kita analisa lebih dalam, pemerintah menyiapkan Program BPJS ini untuk kebaikan kita semua sebagai rakyatnya. BPJS bukan dibuat untuk memeras rakyat, melainkan untuk meringankan rakyat dalam mendapatkan haknya untuk mendapat fasilitas kesehatan dengan harga yang lebih tidak memberatkan. Maka dari itu, penting bagi kita untuk membayar BPJS tepat waktu. Berikut adalah beberapa alasan mengapa kita harus membayar BPJS tepat waktu dan solusi termudah untuk melakukan pembayaran BPJS .

Kesehatan Harusnya  Jadi yang Terpenting bagi Kita

Ada orang yang bilang bahwa uang itu segalanya. Ada juga yang bilang waktu itu segalanya. Tapi ada hal yang lebih penting dari itu. Uang dan waktu tak bisa kita nikmati jika kita tak punya tubuh yang sehat untuk menikmati apapun yang kita punya. Jangan sampai kita melupakan betapa pentingnya nyawa kita dan orang-orang tersayang karena kita lupa untuk menjaga kesehatan kita. Tidak ada yang tahu kapan penyakit akan datang dan menyerang tubuh kita. Apalagi dalam keadaan pandemic seperti ini. Oleh karena itu, asuransi semacam BPJS yang sudah dijamin oleh pemerintah ini dapat menjadi solusi terbaik untuk mengantisipasi hal yang tidak inginkan.

pembayaran bpjs
pembayaran bpjs

Banyaknya Manfaat BPJS yang Tidak Kita Rasakan Secara Langsung

Banyak orang yang tidak menyadari manfaat dari BPJS karena tidak merasakannya secara langsung dan menganggapnya malah sebagai beban. Membayar beberapa puluh ribu atau ratusan ribu perbulan untuk sesuatu yang tidak bisa dilihat dan dirasakan, pasti membuat anda mengeluh. Padahal, sudah banyak bukti dari cerita para peserta BPJS yang merasa tertolong berkat adanya BPJS. Banyak peserta BPJS yang merasa kaget dan lega ketika mereka yang seharusnya membayar biaya operasi berjuta-juta, tapi karena mereka mempunyai kartu BPJS, mereka tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun!

Memang manfaat BPJS tidak dapat kita rasakan tepat ketika kita membayarnya. Namun, kelak ketika anda membutuhkannya, anda akan merasa sangat berterimakasih dengan adanya BPJS.

Jangan Ditunda-Tunda Sampai Kena Denda!

Membayar BPJS tepat waktu sangat penting. Mengapa? Karena akan ada denda yang dikenakan pada peserta BPJS.

  1. Nonaktifnya kartu BPJS sehingga kita tidak bisa menggunakannya sebagaimana biasanya.
  2. Jika anda membayar lebih 1 bulan sejak tanggal 10, maka anda tidak bisa menikmati fasilitas pelayanan di berbagai Puskesmas dan Rumah Sakit.
  3. Kartu bisa diaktifkan kembali langsung setelah seluruh denda dilunasi.
  4. Jika setelah 45 hari kartu aktif peserta BPJS membutuhkan rawat inap, akan dikenakan denda 25% dari diagnosis akhir dikalikan dengan jumlah bulan tertunggak.

Pembayaran BPJS Sebenarnya Sangat Mudah

Membayar BPJS tidak melulu harus datang langsung ke kantor BPJS. Sekarang, anda bisa membayar BPJS lewat bank, m-banking, bahkan supermarket dan platform e-money. Banyak bank yang menyediakan layanan pembayaran BPJS. Salah satunya adalah Bank Sinarmas. Bank Sinarmas menyediakan empat cara untuk membayar BPJS, yaitu melalui ATM, Internet Banking, SimobiPlus, dan langsung melalui teller di setiap cabangnya.

  • Melalui ATM

Caranya sangat mudah.Yang anda butuhkan hanya Kartu ATM dan Kartu BPJS anda. Formatnya sebagai berikut:

Jumlah bulan yang akan dibayar+88888+sebelas digit terakhir nomor BPJS

Contoh: 01+88888+11111111111

  • Melalui I-banking atau SimobiPlus

Yaitu dengan mengisi field dengan format berikut:

IDPEL: 88888+sebelas digit terakhir no. BPJS.

Untuk jumlah bulan, isilah sesuai dengan jumlah bulan yang akan dibayar.

  • Melalui Teller di seluruh cabang

Anda datang langsung ke cabang bank Sinarmas terdekat dan memberikan no. BPJS dan menginformasikan jumlah bulan yang akan anda bayar.

Setiap transaksi anda akan dikenakan biaya Rp. 2.500,00. Mudah, bukan?

Jadi, tunggu apalagi? Segera bayarkan tagihan BPJS anda!

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *