desain ruang tamu
BISNIS

7 Konsep Desain Ruang Tamu yang Paling Populer

Sebagai ruangan pertama yang akan dilihat tamu saat berkunjung ke rumah, ruang tamu mampu merepresentasikan keseluruhan konsep rumah. Apabila tamu sudah mendapatkan kesan baik pada ruang tamu, maka mereka akan berekspektasi tinggi pada ruangan-ruangan lainnya. Karena hal tersebut, desain ruang tamu perlu diperhatikan dengan baik sehingga bisa memberikan kesan bagus bagi para tamu. 

Hal pertama yang perlu dilakukan dalam mendesain ruang tamu adalah menentukan konsep yang diinginkan. Sebenarnya ada cukup banyak konsep desain yang bisa Anda pilih. Namun agar Anda tidak kebingungan, berikut ini ada 7 konsep yang bisa dipertimbangkan:

Ruang Tamu Bohemian

Konsep desain bohemian sangat cocok untuk Anda yang ingin mendapatkan ruang tamu anti-mainstream. Gaya yang berasal dari Bohemian di Eropa Tengah ini lekat dengan gaya yang tidak teratur. Meskipun tidak teratur bukan berarti berantakan seperti yang Anda bayangkan. Biasanya penggunaan furniture dan warna yang tidak teratur dan kurang selaras.

Ruang Tamu Retro

Satu lagi konsep desain unik yang bisa Anda coba adalah konsep desain retro. Karakteristik konsep ini adalah penggunaan warna kontras khas retro. Selain itu, Anda juga perlu melengkapi ruangan dengan dekorasi pop art. Biasanya kesan retro akan ditonjolkan dengan penggunaan perabotan antik dan vintage.

desain ruang tamu
desain ruang tamu

Ruang Tamu Klasik

Konsep desain ruang tamu klasik cocok untuk Anda yang memiliki ruang tamu berukuran besar atau luas. Tampilan bersih dari konsep klasik akan membuat ruang tamu luas lebih terasa nyaman. Cara untuk membuat ruang tamu klasik terbilang cukup sederhana. Anda hanya perlu meletakkan beberapa sofa kemudian hiasi dengan karpet atau lampu baca.

Ruang Tamu Minimalis atau Simple

Desain satu ini adalah desain yang paling populer saat ini. Konsepnya yang simple membuat desain minimalis disukai semua orang, terutama milenial dan gen Z. Karakteristik konsep minimalis yaitu penggunaan barang yang tidak berlebihan. Biasanya furniture yang digunakan adalah furniture multifungsi.

Ruang Tamu Skandinavia

Tak kalah dengan desain minimalis, desain skandinavia juga memiliki banyak penggemar. Konsep ini membuat ruang tamu terlihat bersih dan rapi namun tidak menghilangkan nilai estetikanya. Biasanya warna yang digunakan pada desain skandinavia adalah monokrom seperti putih, hitam, dan abu-abu. Lengkapi ruang tamu dengan dekorasi artistik dan rak gantung agar lebih menarik.

Ruang Tamu Tropis

Ingin mendapatkan energi positif dan kesegaran dari ruang tamu? Anda bisa mempertimbangkan untuk memilih konsep desain tropis ini. Selain desain minimalis, desain tropis bisa juga diterapkan pada rumah minimalis. Gunakan furniture berwarna terang dan dinding kaca yang langsung menuju taman untuk menampilkan kesan tropis.

Ruang Tamu Oriental Modern

Desain oriental modern bisa membawa kesan hangat pada ruang tamu Anda. Pemilihan warna menjadi kunci utama dalam menciptakan ruang tamu oriental modern. Selain terkesan hangat, konsep desain ini biasanya juga bisa menampilkan kesan mewah.

Itulah 7 konsep desain ruang tamu yang bisa Anda jadikan pilihan. Sesuaikan konsep yang akan digunakan dengan selera Anda dan keluarga. Ingin mendapatkan inspirasi lainnya seputar desain interior? Kunjungi platform inspirasi dari Semen Tiga Roda yaitu Masterumah.id. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi untuk mewujudkan ruang tamu impian. 

Selain fitur Inspirasi, Masterumah.id juga menawarkan fitur berguna lainnya. Salah satu fitur tersebut yaitu Tanya Master yang memungkinkan Anda untuk bertanya secara gratis kepada para master. Ada juga fitur Cari Vendor untuk mencari vendor yang bisa membantu mewujudkan desain Anda. Selengkapnya mengenai Masterumah.id bisa langsung Anda lihat di masterumah.id.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *