minyak ikan untuk anak
KESEHATAN

Dosis Minyak Ikan Untuk Anak 1 Tahun, Ternyata Tidak Boleh Berlebihan

 

minyak ikan sangat baik untuk perkembangan otak anak dan kekuatan imunitasnya. karena itulah banyak orang tua yang memberikan suplemen minyak ikan kepada bayi dan anak mereka. Namun, ternyata ada dosis tertentu minyak ikan untuk anak yang masih berusia 1 tahun lho, Bunda.

Minyak ikan adalah sumber omega 3, omega 6 dan omega 9 yang tinggi. Juga mengandung vitamin D dan A. semua zat gizi tersebut sangat baik untuk pertumbuhan dan kesehatan anak. Antara lain untuk membuat tidur lebih nyenyak, menguatkan tulang dan gigi, mengurangi depresi, mengatasi gejala ADHD serta menguatkan imunitas.

Nah, semua manfaat tersebut dapat diperoleh si kecil jika Bunda memberikan minyak ikan sesuai aturan minumnya. Karena terlalu banyak asupan minyak ikan dapat membuat si kecil sakit perut, diare dan sakit kepala.

minyak ikan untuk anak
minyak ikan untuk anak

Dosis dan Cara Memberikan Minyak Ikan Untuk Anak 1 Tahun

Kebanyakan dokter menyarankan minyak ikan dikonsumsi untuk anak di atas 1 tahun. Namun bila Bunda ingin memberikan minyak ikan kepada si kecil yang masih berusia 1 tahu, berikut adalah tips dan dosisnya.

Dosis Minyak Ikan

untuk anak berusia 1 tahun kebawah, konsumsi minyak ikan adalah 1 gram per hari. Dosis ini mengandung 150-600 mg EPA dan 100-50 mg DHA.

Kenali Kesehatan Anak

Minyak ikan tidak boleh diberikan kepada anak dan bayi yang memiliki gangguan pendarahan dan memiliki alergi. Serta tidak dianjurkan untuk bayi yang mengkonsumsi obat pengencer darah.

Tidak Boleh Untuk Anak Yang Alergi Seafood

Jangan berikan minyak ikan untuk anak jika dia alergi seafood. Sebagai gantinya Bunda bisa memakai minyak alga atau zaitun.

Tidak Harus Diminum Langsung

Jika si kecil tidak menyukai rasa atau baunya, Bunda bisa mencampurkan minyak ikan ke dalam MPASI sesuai takaran di atas. Jangan terlalu banyak ya, Bunda. Karena si kecil sebenarnya tidak membutuhkan suplemen ini dalam jumlah besar.

Konsultasikan Dahulu

Pada dasarnya anak yang berusia 1 tahun masih mendapatkan AA, DHA dan Omega yang cukup dari ASI dan MPASI. Namun jika Bunda masih ingin mengasup minyak ikan, konsultasikan dahulu dengan dokter anak langganan Bunda, ya.

Nah, setelah mengetahui tips memberikan minyak ikan untuk anak berusia 1 tahun, Bunda bisa mempertimbangkan. Apakah si kecil masih membutuhkan asupan tersebut atau tidak. Semoga bermanfaat.

 

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *