BISNIS

Kelebihan yang Bisa Didapat Saat Kerja Sambil Kuliah

Apakah Anda bersiap untuk kembali ke sekolah dan memulai semester baru? Apakah Anda berpikir untuk kerja sambil kuliah pada saat yang bersamaan? Bagi banyak orang, konsep kuliah dan bekerja pada saat yang sama bisa menakutkan dan memang seharusnya begitu. Ini bisa sangat menegangkan untuk mencobanya dan menyeimbangkan dua kehidupan yang terpisah. Ini membutuhkan manajemen waktu dan perencanaan tingkat tinggi juga.

Terlepas dari apakah Anda mencari gelar di samping pekerjaan paruh waktu, mungkin sulit untuk mengetahui apakah Anda akan dapat mempertahankan peran sebagai admin, penjualan, atau ritel sambil mengejar tujuan pendidikan Anda. Namun, sebelum Anda membuat keputusan, pelajar dengan baik kelebihan bekerja sambil menempuh kuliah untuk melihat bagaimana menggabungkan pekerjaan dan kuliah bersama-sama?

 

Sumber Penghasilan

Tentu saja, alasan terpenting orang bekerja sambil belajar adalah uang yang mereka terima melalui pekerjaan paruh waktu. Banyak mahasiswa memilih untuk tidak bergantung pada keluarga mereka dalam memenuhi kebutuhan keuangan. Mereka akan memiliki kemampuan untuk mengurus diri sendiri dan mengurangi beban keuangan keluarga mereka dengan pekerjaan siswa. Mahasiswa yang kuliah jauh dari rumah mereka mereka dapat menggunakan uang ekstra untuk membayar tagihan, berkontribusi untuk akomodasi dan biaya sehari-hari.

 

Pelajari Manajemen Waktu Lebih Awal

Mahasiswa yang kuliah secara normal biasanya hanya belajar bagaimana mengatur waktu mereka. Khususnya ketika mereka mulai harus menyeimbangkan pekerjaan dengan keluarga. Meskipun tugas kuliah itu sendiri bisa sulit untuk dikelola, kurangnya gangguan lain adalah berarti siswa dapat fokus pada nilai kuliah mereka. Namun, ini berarti bahwa mereka sering kesulitan untuk mengatur, ketika mereka harus menyeimbangkan pekerjaan mereka dengan keuangan, ketika mereka mulai bekerja.

Di sisi lain, ibu-ibu muda yang bekerja sambil mengasuh anak-anak mereka menyebut bahwa mereka adalah ahli manajemen waktu. Karena mereka memiliki jam kerja yang terbatas baik di tempat kerja maupun di rumah, mereka belajar bagaimana meningkatkan produktivitas mereka dan memaksimalkan jumlah pekerjaan yang dapat mereka selesaikan. 

Mahasiswa yang menghadapi kerja sambil kuliah memiliki kendala yang sama, dan karenanya belajar bagaimana mengatur waktu mereka lebih cepat daripada mahasiswa reguler. Mereka tahu bagaimana menyeimbangkan tekanan pekerjaan dengan tenggat waktu tugas kuliah, bertahun-tahun lebih awal dari yang lain.

 

Dapatkan Pengalaman Kerja Lebih Awal

Beberapa peran entry-level seperti pekerjaan Perhotelan meminta seorang karyawan untuk mahir dalam soft skill dan hard skill. Ini tidak mungkin bagi lulusan baru, yang belum memiliki pengalaman kerja yang diperlukan untuk mengembangkan keterampilan ini.

Jika Anda telah bekerja sambil kuliah, pengalaman kerja di resume Anda dapat membantu Anda menonjol di mata calon pemberi kerja. Keuntungan lain jika Anda memilih pekerjaan paruh waktu di industri target yang ingin Anda kuasai, Anda mendapatkan jaringan dan bekerja dengan para profesional yang telah berkecimpung di industri ini. Sehingga hal ini memungkinkan Anda membuat kontak yang relevan yang dapat membantu Anda mendapatkan pekerjaan yang lebih baik.

 

 

 

Lebih Mudah Diadaptasi

Memiliki pengalaman di dunia kerja pasti akan membantu seorang mahasiswa beradaptasi lebih baik setelah mereka mendapatkan pekerjaan. Beberapa mahasiswa merasa sulit untuk berasimilasi ke dalam lingkungan kerja yang mungkin disebabkan oleh beberapa aspek seperti harapan, perubahan, proses dan bagaimana perubahan bisa sangat drastis. Dengan pengalaman sebelumnya, seseorang akan lebih mudah berasimilasi dengan budaya kerja karena mereka lebih memahami fungsi dan proses perusahaan.

 

Jaringan & Membangun Koneksi

Pengalaman kerja adalah ukuran realistis dari potensi nyata seseorang di tempat kerja. Mengetahui orang yang tepat dan menyadari potensi Anda dapat membuat Anda mendapatkan posisi pekerjaan yang lebih baik dan peluang karir yang lebih baik.

Cara terbaik untuk mendapatkan koneksi adalah berada di luar sana secara aktif bertemu orang-orang baik melalui acara tertentu atau secara pasif melalui pekerjaan bagi mahasiswa. Lebih sering seperti itu daripada tidak, perusahaan bersedia menawarkan Anda posisi setelah Anda lulus jika kinerja Anda sesuai standar atau bahkan lebih dari itu. Dan hal-hal tersebut dapat Anda dapatkan ketika mengambil keputusan untuk kerja sambil kuliah.

 

 

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *