Apa itu deposito
BISNIS

Mengenal 7 Jenis Instrumen Investasi Kekinian

Orang-orang yang hidup pada zaman terdahulu sudah mengenal adanya investasi sebagai tabungan atau dana darurat untuk kebutuhan tertentu. Dewasa ini, instrumen investasi semakin berkembang lebih banyak karena perkembangan teknologi dan sistem informasi. Kini Anda yang ingin menyimpan dana lebih menguntungkan, bisa memilih deposito berjangka di Bank Sinarmas. Apa itu deposito dan bagaimana prospek keuntungan dibandingkan instrumen investasi lain? Yuk, simak ulasan singkat berikut ini!

7 jenis instrumen investasi yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan

Supaya finansial Anda tetap aman dan bisa menjamin masa tua lebih baik, ada baiknya segera memilih instrumen investasi sesuai pilihan masing-masing. Jika Anda masih awam terkait investasi, berikut beberapa jenis instrumen investasi yang harus diketahui yaitu :

Apa itu deposito
Apa itu deposito

  • Deposito 

Apa itu deposito? Deposito adalah dana yang Anda simpan di bank dalam jangka waktu tertentu dengan nominal dan bunga yang telah disepakati. Kini deposito online lebih memudahkan seseorang yang ingin mengajukan penyimpanan jangka panjang dengan bunga lebih tinggi. Mirip tabungan reguler, hanya berbeda pada periode, bunga dan bebas biaya administrasi saja.

  • Reksadana

Ingin mencoba investasi yang lebih berisiko, tetapi masih memberikan risiko yang lebih rendah dibandingkan trading, maka Anda bisa memilih investasi reksa dana. Anda bisa menjadi investor pemula yang mencoba aplikasi reksadana online yang bisa ditemukan di internet. Asal Anda memilih investasi di tempat yang memiliki rekam jejak bagus, maka potensi sukses menjadi jutawan lewat aplikasi reksa dana, kenapa tidak?

  • Saham 

Trading saham bisa menjadi salah satu instrumen investasi yang memiliki risiko tinggi, tetapi menawarkan keuntungan yang tidak kalah tinggi. Pastikan Anda tahu kapan harus membeli dan menjual saham yang tepat agar bisa mengeruk keuntungan, ya! Broker online yang terpercaya sangat penting agar Anda tidak menderita loss, alih-alih mendatangkan profit. 

  • Logam mulia

Ingin investasi jalur aman yang memberikan keuntungan sedikit tetapi fluktuatif, maka cobalah memilih investasi logam mulia. Tinggal pilih jenis logam mulia yang sesuai kebutuhan dan dana Anda, misalnya perhiasan, emas batangan, berlian, dan lain-lain. Apalagi logam mulia terus mengalami pergerakan harga yang signifikan, apakah Anda tidak tertarik menyimpan dana dalam bentuk investasi paling minim resiko ini? 

  • Properti 

Selain logam mulia, Anda juga bisa mempertimbangkan investasi properti yang cukup potensial di masa depan. Anda bisa memilih investasi properti berupa rumah, apartemen, kost-kostan, tanah, dan sebagainya. Pastikan Anda tahu cara memulai dan melakukan strategi pemasaran properti secara offline dan online agar bisa mendapatkan keuntungan yang banyak, alih-alih penurunan nilai investasi karena biaya penyusutan dan perawatan bangunan. 

  • Obligasi

Memilih investasi dalam bentuk obligasi yang diterbitkan pemerintah tergolong instrumen investasi yang paling aman. Setidaknya nanti Anda bisa mendapatkan pembayaran bunga melalui kupon rutin dari penerbitan obligasi sampai jatuh tempo, belum termasuk capital gain. 

  • Kripto 

Investasi kripto menjadi jenis investasi yang digilai masyarakat digital karena menawarkan keuntungan besar. Meskipun demikian, Anda harus hati-hati memilih investasi mata uang kripto seperti Bitcoin, Dogecoin, Ethereum, dan lain-lain. 

Memilih investasi harus disesuaikan dengan kebutuhan dan perencanaan keuangan Anda agar tidak terjadi risiko finansial yang buruk. Jika Anda hanya memiliki modal terbatas dan ingin memilih investasi paling aman, ada baiknya pilih deposito online saja. Apa itu deposito dan keuntungan yang ditawarkan Bank Sinarmas? Sebaiknya segera hubungi kontak layanan konsumen untuk informasi yang lebih lengkap. Dana aman tersimpan dalam periode tertentu dengan jaminan bunga lebih tinggi, kenapa tidak?.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *