Cara membersihkan perhiasan emas
BISNIS

Cara Membersihkan Perhiasan Emas Dengan Bahan Rumahan

Wanita memang sangat dekat dengan perhiasan karena dapat menambah pesona kecantikan mereka. Namun, agar koleksi perhiasan Anda tetap berkilau maka Anda harus rajin merawatnya. Cara membersihkan perhiasan emas dapat Anda lakukan sendiri dengan menggunakan bahan-bahan yang biasa ada dirumah. Dengan bahan-bahan tersebut tentu akan membuat Anda lebih hemat karena tidak perlu membawanya ke tempat yang dapat membuatnya berkilau kembali.

Cara Membersihkan PerhiasanĀ 

Perhiasan emas cukup banyak diminati karena juga dapat digunakan untuk berinvestasi. Selain itu, perhiasan emas aman untuk kulit sensitif dan tidak memerlukan perawatan khusus. Namun demikian, agar perhiasan emas yang Anda kenakan tetap berkilau seperti baru maka Anda dapat merawatnya dengan cara berikut.

Baking Soda Dan Cuka Dapur

Baking soda dan cuka merupakan bahan yang mudah ditemukan di dapur. Anda dapat memanfaatkan kedua bahan tersebut untuk membersihkan perhiasan emas Anda. Cara membersihkannya yaitu cukup mudah karena Anda hanya perlu menyiapkan satu wadah air hangat yang dicampur dengan baking soda dan cuka. Aduk agar cuka dan baking soda larut dan tercampur merata.

Rendam perhiasan emas Anda yang tampak kusam ke dalam larutan tersebut selama beberapa menit. Setelah lama direndam maka Anda dapat mengangkat dan mengelapnya hingga kering. Perhiasan yang sudah dilap ditetesi lagi dengan cuka kemudian dibilas dengan air bersih. Anda akan melihat perhiasan tersebut menjadi berkilau lagi seperti baru.

Cara membersihkan perhiasan emas
Cara membersihkan perhiasan emas

Sabun Cuci Piring

Bahan rumahan sederhana yang dapat digunakan untuk membersihkan perhiasan yaitu sabun cuci piring cair. Cara membersihkannya hampir sama dengan cara di atas yaitu siapkan sedikit air hangat dan tambahkan sabun cuci piring. Aduk-aduk agar sabun larut dengan air lalu rendam cincin selama beberapa menit.

Setelah itu, Anda dapat menggosok atau menyikat perhiasan dengan lembut dan hati-hati agar kotoran yang menempel rontok. Jika sudah selesai maka bilas dengan air dingin hingga bersih dari sabun lalu keringkan. Perhiasan Anda pun tidak akan terlihat kusam lagi.

Alkohol

Cairan alkohol biasa digunakan untuk membersihkan luka namun ternyata juga dapat digunakan untuk membersihkan perhiasan. Alkohol ampuh dalam membersihkan noda yang terdapat pada cincin. Noda tersebut dapat berupa minyak, lemak, debu dll yang disebabkan oleh aktivitas sehari-hari. Agar perhiasan tidak rusak maka Anda harus berhati-hati ketika membersihkannya menggunakan alcohol.

Mengingat tidak semua perhiasan emas terbuat dari emas murni maka sebaiknya Anda tidak merendam perhiasan dalam larutan alkohol. Anda dapat menggunakan cotton bud yang telah dibasahi dengan alkohol lalu gosokkan di permukaan perhiasan secara merata. Dengan cara sederhana seperti ini Anda sudah bisa membuat perhiasan lebih berkilau lagi.

Pasta Gigi

Pasta gigi mengandung beberapa zat yang bersifat abrasive sehingga dapat membersihkan kotoran. Anda tidak perlu khawatir perhiasan akan rusak karena zat abrasif tersebut sifatnya ringan. Siapkan sedikit air hangat lalu tambahkan pasta gigi. Buatlah tekstur yang tidak terlalu kental sehingga lebih mudah untuk digunakan. Selanjutnya rendam perhiasan dan biarkan beberapa saat.

Untuk memberishkan kotoran dan sisa pasta gigi yang menempel maka Anda dapat menggunakan sikat dan menggosoknya dengan lembut. Selanjutnya bilas perhiasan dengan air bersih dan lap dengan kain kering. Lakukan dengan lembut agar perhiasan tidak rusak. Anda pun dapat melihat beda perhiasan sebelum dan sesudah dibersihkan.

Nah, itulah beberapa cara mudah membersihkan perhiasan dengan bahan yang mudah ditemui di rumah. Semoga tips ini dapat membantu dan bermanfaat bagi Anda. Selamat mencoba.

Meta deskripsi: Cara membersihkan perhiasan emas dapat dilakukan sendiri dengan bahan rumahan. Kembalikan kilau perhiasan emas yang telah kusam dengan bahan-bahan sederhana di rumah.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *