cincin berlian
BISNIS

Trik Cara Memilih Cincin Berlian dengan Menghemat Budget

Perhiasan berlian merupakan salah satu bentuk perhiasan yang sangat terkenal dan banyak dicari-cari oleh banyak orang. Namun, harga cincin berlian yang cukup tinggi seringkali membuat orang enggan untuk membelinya. Oleh karena itu, dalam memilih cincin berlian terbaru, tidak perlu mengeluarkan seluruh anggaran yang Anda dimiliki. 

Ada beberapa trik yang dapat dilakukan untuk tetap memilih cincin berlian yang terbaik namun tetap menghemat budget, berikut adalah penjelasannya:

1. Pilih cincin dengan karat yang kecil

Karat adalah seberapa banyak berlian yang terdapat di dalam cincin. Semakin besar jumlah karat, semakin mahal juga harganya. Penjual perhiasan tentunya sadar akan hal tersebut sehingga terjadi perbedaan harga yang cukup besar antara berlian dengan bentuk utuh dengan ukuran yang hanya setengah. 

Oleh karena itu, Anda dapat memilih cincin dengan karat yang lebih kecil guna membantu menghemat budget, misalnya Anda dapat memilih berlian dengan berat 0.95 karat ketimbang membeli berlian dengan berat 1.00 karat guna menghemat budget. Namun, perlu diingat bahwa meskipun karatnya kecil, bukan berarti berlian tersebut tidak cantik.

2. Pilih jenis potongan berlian yang sederhana

Ada beberapa jenis potongan cincin berlian dari Mondial yang sangat populer seperti potongan princess, round, dan emerald. Namun jenis potongan berlian yang populer biasanya jauh lebih mahal daripada jenis potongan yang lebih sederhana. 

Misalnya seperti berlian dengan potongan round atau bulat, jenis potongan berlian yang satu ini mempunyai harga yang lebih tinggi daripada bentuk lain meskipun memiliki carat, clarity dan colour yang sama, itu dikarenakan berlian round memiliki 58 cutting sehingga mempunyai pantulan cahaya yang lebih indah dan tentunya pembuatan yang lebih sulit.

Maka dari itu, Anda dapat memilih potongan berlian yang lebih sederhana daripada yang lebih populer guna menekan budget, potongan model seperti cushion atau oval memiliki harga lebih terjangkau namun tetap memiliki kesan indah ketika digunakan.

3. Pilih logam yang lebih murah

Selain karat dan model dari berlian, logam cincin juga akan sangat mempengaruhi nominal besaran harga. Logam seperti platinum dan emas putih termasuk dalam kategori logam yang lebih mahal. Pilih logam seperti perak atau emas kuning yang lebih murah namun tetap memberikan kesan elegan. 

Meskipun cincin dengan warna emas kuning dianggap old fashioned bagi pasangan muda, akan tetapi emas dengan warna kuning mempunyai harga yang lebih rendah jika dibandingkan dengan emas putih atau platinum. Jika Anda bisa memadupadankan dengan sempurna dari berlian dan emas kuning, tentu itu akan terlihat lebih menarik dan berbeda dari yang lain.

4. Pilih berlian dengan sedikit flaws

Berlian dengan flaws atau cacat pada permukaannya biasanya memiliki harga yang lebih murah daripada berlian yang sempurna. Memilih berlian dengan sedikit flaws mungkin tidak terlihat sempurna di mata, tetapi jika dipadukan dengan potongan yang tepat dan desain yang indah, cincin tersebut akan tetap terlihat cantik.

5. Beli di toko yang tepat

Terakhir, memilih toko perhiasan yang tepat juga sangat penting. Pastikan Anda memilih toko yang terpercaya dan memiliki reputasi yang baik sehingga Anda dapat memilih cincin yang sesuai dengan budget dan mendapat kualitas yang baik.

Dengan melakukan beberapa trik di atas, Anda dapat memilih cincin berlian yang terbaik namun tetap menghemat budget. Ingatlah bahwa pada akhirnya, kesempurnaan dari cincin tersebut tidak hanya dilihat dari harganya, tetapi juga dari arti dan maknanya bagi Anda dan pasangan.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *