biaya bangun rumah
BISNIS

Perhatikan Hal Ini Saat Akan Merancang Biaya Bangun Rumah

Ketika ingin membangun rumah, biaya merupakan hal paling penting yang harus diperhitungkan sejak awal. Pasalnya biaya atau budget merupakan hal utama yang akan memengaruhi kesuksesan pembangunan. Apabila biaya bangun rumah bisa dirancang dengan baik maka pembangunan bisa berjalan dengan lancar. Dalam membuat rancangan anggaran biaya, ada beberapa hal yang perlu Anda pahami. Berikut ini diantaranya:

Luas Bangunan

Luas bangunan menjadi hal pertama yang harus diperhatikan ketika akan membuat anggaran biaya. Dengan mengetahui panjang dan lebar bangunan maka anggaran bisa ditentukan dengan lebih akurat. Pengukuran bisa dilakukan dengan beberapa cara seperti theodolite, roll meter, atau yang lainnya.

biaya bangun rumah
biaya bangun rumah

Biaya Per M2

Selain menghitung luas bangunan, Anda juga perlu menghitung biaya per meter persegi. Menghitung biaya bangun rumah per meter persegi bisa dilakukan dengan mempersiapkan sketsa denah, menghitung luas bangunan, serta mencari estimasi biaya per meter.

Harga Bahan Bangunan

Material yang digunakan sangat berpengaruh pada biaya pembangunan. Agar estimasi biaya lebih akurat, Anda harus mengetahui harga bahan bangunan dengan jelas. Lakukan survey langsung ke toko bangunan untuk mengetahui harga bangunan yang akan digunakan.

Biaya Desain

Desain rumah harus dilakukan oleh para ahli agar hasil berkualitas. Oleh sebab itu, Anda juga perlu memperhatikan biaya desain ketika merancang anggaran pembangunan. Para arsitek dan juga kontraktor biasanya juga bisa membantu Anda melakukan perhitungan pada RAB yang akan dibuat.

Gaji Tukang

Terakhir yang perlu Anda perhatikan adalah gaji tukang. Setiap daerah biasanya memiliki gaji tukang yang berbeda-beda. Oleh sebab itu, Anda perlu mencari tahu berapa besar gaji tukang di tempat Anda. Biasanya gaji tukang ini dibedakan menjadi dua jenis yaitu harian atau borongan.

Itulah berbagai hal yang perlu Anda perhatikan dengan baik ketika akan merancang biaya bangun rumah. Untuk membantu menghemat anggaran biaya, Anda bisa memilih material terjangkau seperti Semen Tiga Roda. Meskipun terjangkau namun kualitasnya terjamin karena sudah terstandar SNI. Untuk mengetahui informasi detail mengenai Semen Tiga Roda, langsung saja kunjungi sementigaroda.com.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *