perhiasan berlian
BISNIS

Cara Sederhana Membedakan Perhiasan Berlian Asli dan Palsu

Tahukah Anda, bahwa saat ini di pasaran ada dua jenis berlian yang ditawarkan, yaitu jenis berlian asli dan palsu? Tidak sedikit orang yang sulit membedakan mana jenis cincin solitaire berlian asli dengan yang palsu. Bagi Anda yang kesulitan, di sini kami akan coba jelaskan perbedaannya.

Cara membedakan perhiasan berlian asli dengan berlian palsu ternyata bisa dilakukan dengan cara yang sederhana. Ingin tahu caranya? Berikut akan kami coba jelaskan kepada Anda secara detail.

  1. Perbedaan dari Segi Kekuatan

Perbedaan mendasar berlian asli dengan yang palsu bisa kita lihat dari ketahanan berlian tersebut. Pasalnya, berlian asli merupakan jenis batu mulia yang memiliki ketahanan dan kekuatan yang lebih baik dibandingkan dengan berlian palsu. Bahkan, berlian adalah jenis batu mulia yang tidak mudah rusak saking kuatnya.

Berbeda terbalik dengan jenis berlian palsu yang umumnya terbuat dari bahan plastik yang mudah rusak. Kekuatan berlian palsu sangat lemah sekali bahkan umumnya muda tergores oleh benda tajam maupun benda tumpul.

perhiasan berlian
perhiasan berlian
  1. Perbedaan dari Segi Keindahan

Hal yang paling mencolok antara berlian palsu dengan berlian asli terletak dari segi keindahannya. Perhiasan berlian asli umumnya punya nilai estetika yang jauh lebih baik dibandingkan dengan jenis berlian palsu pada umumnya. Pasalnya, berlian asli mampu memantulkan cahaya.

Semakin berkualitas berlian tersebut, maka akan semakin indah terlihat. Karena semakin tinggi kualitas berlian dan juga semakin asli berlian tersebut, maka pemantulan cahayanya pun akan lebih optimal. Itulah yang menjadi alasan kenapa berlian begitu menawan dan memesona.

  1. Berlian Asli Tidak Bisa Terbakar

Seperti yang kami jelaskan sebelumnya, berlian merupakan batu mulia yang keras dan tidak mudah rusak. Itulah yang menjadi alasan kenapa berlian tidak akan berubah bentuk jika terbakar dan juga tidak akan berubah warnanya jika Anda sengaja atau tidak sengaja membakar berlian tersebut.

Jika Anda punya berlian, namun rusak dan berubah bentuk saat terbakar, maka bisa dipastikan berlian tersebut palsu. Karena berlian asli keras dan tidak akan bisa terbakar.

  1. Berlian Asli Bersertifikat

Berlian adalah batu mulia yang memiliki nilai investasi. Itulah yang menjadi salah satu alasan kenapa berlian biasanya memiliki sertifikat yang berisi tentang informasi terkait berlian itu sendiri.

Informasi berlian yang ada pada sertifikat yaitu seperti keaslian berlian, klualitas sesuai dengan standar 4C (clarity, color, carat, cutting), dan informasi terkait di mana berlian tersebut ditemukan.

Untuk menentukan keaslian berlian, sertifikat juga bisa menjadi salah satu bahan pertimbangan. Jadi tanyakanlah terkait sertifikat ini kepada penjual sebelum Anda membelinya.

  1. Cek Menggunakan Diamond Selector

Kini siapa saja bisa mengetahui keaslian berlian tanpa harus menjadi seorang yang ahli di bidang terkait terlebih dahulu. Caranya adalah dengan menggunakan alat bernama diamond selector.

Anda bahkan tidak perlu membeli alat tersebut. Pasalnya alat diamond selector ini sudah tersedia di toko-toko perhiasan. Jadi Anda tinggal memilih toko perhiasan yang kredibel, kemudian meminta mereka untuk mengecek keaslian berlian tersebut dengan alat diamond selector.

Kesimpulan

Keaslian berlian pada perhiasan perlu Anda perhatikan. Pasalnya, berlian tidak hanya punya nilai estetika, akan tetapi juga memiliki nilai investasi. Maka dari itu, Anda harus memperhatikan keaslian berlian sebelum membelinya.

Bagaimana, tidak sulit bukan membedakan mana perhiasan berlian asli dan mana berlian palsu? Melalui tips di atas, kini siapa saja bisa membedakannya. Bahkan cara tersebut tidak memerlukan keahlian khusus.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *